Aku Sehat Bersama Activia

July 19, 2011

Jakarta, 19 Juli 2011 aku dan temanku tercinta Tri Astuti Oktavianti mengikuti event yang diselenggarakan oleh Yogurt Activia yang bertemakan "Blogger's Day: Pencernaan Sehat Awal Hidup Sehat."

Acara yang terselenggara di Hongkong Cafe ini mengedepandan hidup sehat dengan cara menjaga fungsi pencernaan. Seperti yang kita telah ketahui fungsi pencernaan itu sendiri adalah membantu penyerapan nutrisi makanan dan sebagai alat pembuangan dari sisa makanan yang telah tersaring. Ngomongin soal pencernaan akan berkaitan dengan yang namanya probiotik.

DR. dr. Saptawati Bandosono menjelaskan bahwa probiotik berfungsi mencerna makanan yang masuk untuk diubah menjadi sari-sari yang akan menjadi glukosa dalam usus tubuh dan sisanya dikeluarkan melalui saluran pembuangan.

Dalam hal ini, kita sering sekali mengalami masalah kesulitan pembuangan BAB atau yang disebut konstifasi. Konstifasi adalah gejala defekasi yang tidak memuaskan yang ditandai oleh buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu atau kesulitan dalam evaluasi feses akibat feses yang keras. Kebayang dong wajah kita saat mengalami hal ini?

Sistem transit itu sendiri adalah sistem transit usus (intestinaltransit) yang berarti sebuah proses dimana makanan melewati sistem pencernaan itu sendiri.

Faktor yang mempengaruhi sistem transit adalah sebagai berikut:
  • Kehamilan
  • Makan dan minum yang tidak teratur
  • Kurang serat
  • Kurang aktivitas fisik
  • Diet tidak seimbang dengan mengkonsumsi junk food terlalu sering

Kalau sudah begini, maka faktor resiko yang lebih sering terjangkit adalah:
  1. Wanita lebih besar dari pada Laki-laki
  2. kativitas fisik kurang
  3. Asupan makan kurang
  4. Diet rendah serat
  5. Obat-obatan
  6. Depresi
  7. Riwayat gangguan seksual

Komplikasi akibat konstifasi adalah:
  1. Polip
  2. Gelembung berlebihan pada saluran pembuangan
  3. Hemorrhoid atau wasir atau yang sering kita kenal ambein

Apa sih ambein itu? Ambein adalah pembengkakan pectinate line atau merupakan penyakit atau gangguan pada anus dimana bibir anus, mengalami pembengkakan yang terkadang juga disertai pendarahan. Kondisi ini terjadi jika pembuluh balik atau pembuluh vena di dubur melebar, yang umumnya disebabkan akibat mengejan terlalu keras saat buang air besar atau terlalu banyak duduk dan berdiri.

Apa penyebabnya?

Wasir dapat tumbuh di dalam saluran anus atau menonjol ke luar pada bibir anus. Ini dapat terjadi bila vena di dubur membesar akibat terlalu sering atau mengejan terlalu keras saat mengeluarkan tinja. Faktor genetika (keturunan), kegemukan, kehamilan, melahirkan, stres, diare dan mengangkat beban berat, juga bisa meningkatkan tekanan pada vena sehingga menyebabkan wasir. Jika wasir menonjol keluar, Anda bisa memasukkannya kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya.

Tanda-tanda yang menunjukan gejala?

Rasa gatal, terbakar dan sakit di bagian anus bisa menjadi pertanda Anda menderita wasir. Rasa gatal terjadi karena wasir yang keluar menghambat pembersihan anus secara efisien, sehingga menyebabkan partikel-partikel kecil dari feses menumpuk pada kulit perianal dan bekerja sebagai iritan. Bila tidak segera ditangani iritan ini dapat berpotensi menjadi kanker. Tanda lainnya adalah keluarnya darah merah segar yang mungkin menempel pada tisue toilet atau kloset saat Anda BAB.

Cara sederhana atasi wasir?

  1. Minum sekitar 8-10 gelas air setiap hari. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan, sayuran, sereal dan roti gandum. Jenis makanan ini dapat membantu BAB Anda teratur.
  2. Aktif berolahraga. Jika pekerjaan mengharuskan Anda berdiri ataupun duduk terlalu lama, usahakanlah untuk sering beristirahat atau lakukan aktivitas jalan kaki cepat.
  3. Mandilah dengan air hangat. Bersihkan kulit, terutama di sekitar anus secara perlahan-lahan dengan air hangat. Hindari menggunakan sabun mandi karena dapat memperparah kondisi wasir. Lakukan rutinitas ini setiap hari.
  4. Usahakan untuk tidak berlama-lama duduk di kloset dan mengejan selama BAB.
  5. Dinginkan anus dengan kantung es.
  6. Anda bisa mengurangi rasa sakit, nyeri, iritasi dan gatal dengan menggunakan krim atau obat gosok yang banyak dijual di pasaran atau Anda bisa juga menggunakan bantalan yang mengandung zat pemati rasa setempat.

Seperti pepatah bilang, lebih baik mencengah dari pada mengobati. maka yang harus kita lakukan adalah:
  • Menjaga jumlah bakteri baik dan buruk dalam tubuh kita
  • Makan makanan kaya serat dengan memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan 5 porsi dalam sehari
  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari
  • Menerapkan hidup sehat seperti: tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, kurangi kafein, istirahat yang cukup, dan olahraga serta tak lupa untuk konsumsi yogurt Activia.
Ngomong-ngomong soal yogurt, saya akan menjelaskan sedikit mengenai mitos tentang yougurt itu sendiri.

Mitos pertama
: Yogurt itu sama dengan susu basi.
Faktanya: yougurt terbuat dari susu segar berkualitas yang di fermentasi dengan 2 bakteri baik lactobacilus bulgaritos dan streptococcus thermopillus. 2 bakteri ini yang akan menfermentasikan laktosa (gula sus) menjadi asam laktova yang membuat tekstur susu menjadi lebih kental dan asam.

Mr Thierry Di Tecco -R&D Director Danone-

Mitos kedua:
Yogurt dapat menyebabkan sakit maag dan diare.
Faktanya: Yogurt sangat aman untuk lambung. Hal ini dijelaskan oleh Sonia Uvezian dalam bukunya "The Books Of Yogurt" bahwa perut manusia, terutama lambung mempunyai PH 1, sedangkan yogurt mempunyai PH 4. Jadi yogurt cukup aman untuk lambung. Hal ini diawali penemuan yogurt itu sendiri yang digunakan sebagai pengobatan diare.

Mitos ketiga: Yogurt hanya untuk orang dewasa, tidak cocok untuk anak-anak.
Faktanya: Yogurt dapat dikonsumsi untuk semua usia. Pada dasarnya adalah susu yang bentuk laktosanya sudah dipecah oleh bakteri probiotik. Jadi bisa di konsumsi oleh siapa saja. Yogurt sangat dianjurkan untuk anak yang tidak suka minum susu atau alergi susu (intoleransi laktosa) supaya dapat terpenuhi kebutuhan kalsiumnya.

Mitos keempat: Yogurt hanya untuk diet.
Faktanya: yogurt merupakan bagian dari gaya makan hidup sehat. Yogurt dengan bakteri probiotik sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Mitos kelima: Semua yogurt sama saja.
Faktanya: tidak semua yogurt sama. Jadilah konsumen yang cerdas dengan membaca cermat label kemasan. Yogurt yang memberi manfaat dengan probiotik harus mempunyai kriteria sbb:
Mengandung minimal 2 jenis bakteri baik yang hidup. Jumlah bakteri minimal pangkat 6 (10n6).

Kenapa Yogurt Activia?

Activia adalah yogurt probiotik pertama di Indonesia yang mengandung dua kultur umum yogurt (Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus) dan 1 strain Bifidus Lactis Animalis, menjadikan Activia itu unik dari produk yogurt pada umumnya.

Manfaat Activia

  1. 2 cup Activia perhari selama 14 hari terbukti membantu melancarkan proses pencernaan pada lebih dari 40% responden.
  2. Activia juga mengandung nutrisi standar yang berkualitas, yang didapat secara alami dari produk-produk mengandung susu (dairy) seperti protein dan kalsium. Activia juga tidak mengandung bahan pengawet ataupun pemanis buatan.
  3. Activia terdapat dalam kemasan cup (krim yogurt) dan botol (minuman yogurt), dengan tiga pilihan rasa lezat. Nikmati Activia sebagai sarapan, hidangan pencuci mulut, maupun santapan ringan. Activia aman, sehat, dan lezat untuk anda dan keluarga Anda.
@caturpw yang menggambarkan social media sepert cup cakes

Aktivitas ini tidak melulu nomongin masalah kesehatan tetapi juga masalah sosial seperti games-games yang membawa keceriaan peserta (biar gak menang yang penting happy). Aktivitas blogger gak akan lepas dari yang namanya teknologi social media. Namanya juga blogger pasti harus melek teknologi dong!! Nah untuk sesi ini ada mas @caturpw yang menerangkan bagaimana hidup sehat menggunakan social media? hahaha ternyata gak cuma pencernaan yang harus dijaga kesehatannya tapi juga social media sebagai wadah kita para blogger berkreasi. Untuk yang belum ikutan gak usah nyesel karena bisa baca liputannya di blog saya :)

So.. sehat karena Activia dan aku yakin dengan yogurt Activia, bagaimana dengan Anda?

Untuk informasi lebih lanjut. Silahkan kunjungi website Activia

*) Sumber Foto : www.facebook/ActiviaIndonesia

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook