Si Asam yang Bermanfaat

July 22, 2011

Ada banyak alasan mengapa saya menyukai yogurt. Selain karena memiliki cita rasa asam menyegarkan dengan tekstur yang lembut, yogurt juga diminati karena manfaatnya bagi kesehatan pencernaaan kita.

Eits yogurt gak cuma baik untuk kesehatan pencernaan saja loh tapi juga baik untuk kesehatan kulit dan rambut kita percaya gak? Yuk simak sedikit ulasannya...

Yogurt dibuat dengan menambahkan kultur bakteri ‘baik’ atau yang disebut bakteri asam laktat, yang akan mengonversi laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. Diantara beberapa jenis bakteri asam laktat yang sering digunakan sebagai starter dalam pembuatan yogurt, lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus adalah jenis bakteri asam laktat yang sering digunakan di Indonesia. Kedua jenis asam laktat ini pulalah yang membuat yogurt menjadi lebih kental dengan membuat protein susu mengubah sifat dan terkoagulasi (menggumpal atau mengental).

Si Asam yang Kaya Nutrisi

Susu yang merupakan bahan dasar pembuatan yogurt, baik itu susu utuh (whole milk) ataupun susu skim, sangat menentukan nilai gizi dari yogurt. Sama halnya dengan yogurt plan dan yogurt dengan tambahan gula, sirup, buah atau es krim. keduanya juga memiliki komposisi gizi yang berbeda.

Meskipun demikian, yogurt umumnya memiliki komposisi gizi yang baik karena kaya akan protein hewani yang terdapat pada susu dan mengandung berbagai nutrisi penting seperti kalsium dan vitamin B2.

Yogurt & Jenisnya

  • Yogurt Reguler : yogurt yang mengandung sekitar 3.25 persen lemak.
  • Yogurt Rendah Lemak : kandungan lemaknya hanya sekitar 0.5 – 2 persen.
  • Yogurt Tanpa Lemak (Skimmed Yogurt) : kandungan lemak pada jenis yogurt ini kurang dari 0.5 persen.
  • Frozen Yogurt : jenis yogurt ini dibuat dari campuran hasil fermentasi yogurt dengan es krim, krim dan gula. Saat proses pembekuan bakteri ‘baik’ pada yogurt menjadi tidak aktif, namun tidak mematikannya. Bakteri ‘baik’ tersebut akan aktif kembali dan memberikan manfaat pada saat yogurt dimakan dan bertemu dengan suhu hangat tubuh.

Segudang Manfaat Yogurt

  1. Mampu Mencegah Pengereposan Tulang / Osteoporosis. Sebagai hasil dari fermentasi susu, yogurt juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Hasil penelitian menyebutkan mengonsumsi kalsium hingga 1.500 miligram per hari selama 3 tahun dapat mencegah menurunnya kepadatan tulang perempuan menopause dan juga manula.
  2. Atasi Hipertensi. Tidak hanya kaya akan kalsium, yogurt juga mengandung magnesium dan potassium, yang merupakan nutrisi penting yang dapat mencegah penyakit hipertensi
  3. Dapat Menyusutkan Lemak Perut. Peneliti dari University of Tennessee menemukan bahwa dengan menambah asupan yogurt rendah kalori pada menu harian dapat mmebantu menyusutkan lemak di bagian perut. Menurut Michale Zemel, PH.D, sang peneliti, kalsium, khususnya yang berasal darim produk susu, mampu memperlambat proses terjadinya lemak di tubuh. Jika ingin program diet Anda berhasil, Michael pun menyarankan untuk mengonsumsi 3 kali sehari yogurt rendah lemak atau bebas lemak.
  4. Mencegah Infeksi Jamur pada Vagina. Sebuah penelitian mengungkapkan jika dikonsumsi secara teratur yogurt yang mengandung L.acidophilus dapat menurunkan risiko infeksi pada vagina yang disebabkan oleh jamur.
  5. Untuk Kesehatan Saluran Pencernaan. Yogurt merupakan sumber probiotik, yaitu suatu jenis bakteri ‘baik’ yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama dalam upaya memperbaiki keseimbangan flora dan kesehatan saluran pencernaan.
Udah kebayangkan manfaatnya? Ternyata banyak ya? Hmmm siang-siang panas begini paling enak makan yogurt dingin selain bisa bikin seger n' mata melek juga bisa bikin kita jadi lebih sehat.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook