Artikulasi Membedakan antara Profesional dan Amatir

June 16, 2012

Hari ini, saya menerima pelajaran artikulasi dalam teknik vocal. Artikulasi atau pengejaan dalam bernyanyi memang sangat penting bagi seorang penyanyi. teknik pengucapan dalam bahasa Indonesia memang lebih mudah dibandingkan dengan teknik pengucapan dalam bahasa Inggris. 

Menurut Indra Aziz, teknik artikulasi dalam bernyanyi terdiri dari dua macam yaitu "Voiced Consonants" dan "Unvoiced Consonants." Berikut saya akan memberikan contohnya:

Voiced Consonants terdiri dari :
V   : love, give, vulnerable
TH : these, them
B    : brown, bee, buzz
Z    : because, does, jazz
D    : dance, diary, monday

Unvoiced Consonants terdiri dari :
F    : life, fall, free
TH : thing, with
P    : prawn, pony, whisper
S    : house, sunday, miss
T    : tail, stella, star

Konsonan di akhir kata disambung dengan kata berikutnya kecuali jika hal tersebut merubah arti dari kata. Misalnya "You and I danced on the floor" dibacanya menjadi "You an dai dens don the floor." Contoh lain misalnya "Rain drops on rosses" maka dibacanya menjadi "Reyn drap son rozzez."

Panjangkan bunyi huruf vocal dalam sebuah kata dan bunyikan sedikit konsonan di akhirnya, misalnya untuk kata "Rain" dibaca "Reee-in" bukan "Reinnnnnn." Contoh lain untuk kata "Hat" dibaca "Heee-th." Panjangkan bunyi huruf vocal dalam sebuah kata dan nyikan sedikit konsonan di akhirnya. Misalnya "Mad" dibaca "Meee-th."

Huruf 'R' yang diikuti dengan istirahat atau tanda diam dapat dibunyikan sangat halus atau dihilangkan sama sekali. Contohnya "Star" dibaca menjadi "Staaa..." contoh lain adalah "On the floor" dibaca menjadi "On the Floo.."

Contohnya seperti Sarah Vaughan dalam lagu "My Favorite Things" dalam video berikut ini dengan  pengucapan artikulasi yang benar dalam bernyanyi. Yuk kita simak..



Ada empat kunci dalam bernyanyi yaitu latih, rekam, dengarkan dan analisis. Berikut adalah lirik lagu dari " My Favorite Thingsby Rodgers & Hammerstein.

Raindrops on roses, whiskers on kittens
Bright copper kettles and warm woolen mittens
Brown paper packages tied up with strings
These are a few of my favorite things


Cream colored ponies, crisp apple streudels
Doorbells and sleigh bells, schnitzel with noodles
Wild geese that fly with the moon on their wings
These are a few of my favorite things


Girls in white dresses with blue satin sashes
Snowflakes that stay on my nose and eyelashes
Silver white winters that melt into the springs
These are a few of my favorite things


When the dog bites
When the bee stings
When I'm feeling sad
I simply remember my favorite things
And I don't feel so bad


So, jika kamu ingin menjadi penyanyi profesional, jangan pernah mengabaikan sebuah artikulasi karena melalui artikulasi orang dapat menilai dan membedakan antara penyanyi profesional dan amatir. Do the best guys...

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook