A Tribute to Frank Sinatra

June 02, 2012

Senang rasanya saya dapat berkesempatan untuk menghadiri sebuah event yang diadakan oleh @America pada tanggal 1 Juni 2012 dengan tema "A Tribute to Frank Sinatra." Selain sebagai penyuka lagu-lagu sang legendaris, saya juga sangat menyukai musik dari seorang musisi jazz profesional  Otti Jamalus Quartet. Sebelumnya, saya akan sedikit bercerita mengenai Frank Sinatra. Frank Sinatra lahir 12 Desember 1915, di Hoboken, New Jersey, Sinatra adalah anak tunggal dari imigran Italia bernama Natalie Della (Garaventa) dan Antonino Martino Sinatra.

Pada tahun 1935, Sinatra bergabung di kelompok lokal, Three Flashes. Kelompok ini kemudian dikenal sebagai Hoboken Four, dan mereka cukup membuat Edward Bowes terkesan. Setelah muncul di acara itu, Mayor Bowes Amateur Hour, menarik 40.000 suara dan memenangkan hadiah pertama - enam bulan kontrak untuk tampil di atas panggung dan radio di seluruh Amerika Serikat.

Pada tahun 1945 Sinatra membintangi sebuah film pendek berjudul The House I Live In. Disutradarai oleh Mervyn LeRoy, film ini bercerita tentang toleransi dan persamaan ras meraih Academy Award khusus dibagi diantara Sinatra dan mereka yang membawa film ini ke layar, bersama dengan Golden Globe khusus untuk "Mempromosikan Good Will". 1946 merilis album pertamanya, The Voice of Frank Sinatra, dan debut dari acara radio mingguannya sendiri. Pada akhir 1948, Sinatra merasa bahwa karirnya mengulur-ulur, sesuatu yang dikonfirmasi ketika ia tergelincir ke No 4 pada jajak pendapat tahunan BeAT Down penyanyi paling populer (di belakang Billy Eckstine, Frankie Laine, dan Bing Crosby).

Tahun 1949 mendapat kemajuan dalam karirnya dimana dia sebagai Frank co-bintang dengan Gene Kelly dalam Take Me Out to the Ball Game. Ia diterima dengan baik secara kritis dan menjadi sukses besar. Pada tahun yang sama, Sinatra bekerja sama dengan Kelly untuk ketiga kalinya



Watertown (1970) adalah salah satu album paling terkenal Sinatra. Album ini telah terjual sebanyak 30.000 eksemplar dan mencapai posisi grafik puncak 101, kegagalannya mengakhiri rencana khusus televisi berdasarkan album.

Bersama Paul Anka sang penulis lagu "My Way" karir Sinatra semakin bersinar. Pada tahun 1994 Sinatra dianugerahi penghargaan Legenda di Grammy Awards, di mana ia diperkenalkan oleh Bono, yang berkata tentang dia"Frank's the chairman of the bad attitude... Rock 'n roll plays at being tough, but this guy is the boss—the chairman of boss... I'm not going to mess with him, are you?" Sinatra menyebutnya "the best welcome...I ever had", but his acceptance speech ran too long and was abruptly cut off, leaving him looking confused and talking into a dead microphone." Kemudian dalam siaran televisi, Billy Joel memprotes keputusan Sinatra untuk keluar dengan meninggalkan jeda panjang di tengah lagu "The River of Dreams" dengan iklan.


          Watch live streaming video from at_america at livestream.com

Awalnya saya sempat ragu untuk menghadiri acara ini karena saya berfikir akan sangat membosankan berada diantara fans Sinatra yang notabene adalah para orang tua. Namun tidak demikian, ada banyak anak muda yang sebaya bahkan lebih kecil dibawah saya.


Yup musik memang tidak bisa mengkotak-kotakkan gender atau usia karena musik adalah bahasa yang sangat universal. Pertunjukkan yang dibawakan oleh Otti Jamalus Quartet ini membuat saya berdecak kagum dengan penampilan mereka yang membawakan lagu seorang legendaris musik dengan sangat indahnya mengalun ditelinga saya.


So, salute untuk Otti Jamalus Quartet yang sudah membawakan lagu-lagu Frank Sinatra di acara "A Tribute to Frank Sinatra." Sampai Jumpa di festival jazz selanjutnya.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook